Pengetahuan

8 Hal yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Berenang

Rabu, 11 Maret 2020 by

Renang merupakan salah satu jenis olahraga yang baik. Renang berguna untuk menambah kekuatan, kebugaran, dan stamina pada saat yang sama. Meski bukan bentuk kardio yang terbaik untuk menurunkan berat badan, renang dapat membakar kalori sekitar 75 kg kalori dengan kecepatan 2kmph.
8 Hal yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Berenang
8 Hal yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Berenang
Selama jalani masa isolasi diri akibat pandemi virus corona, banyak orang yang mencari kegiatan aman untuk dilakukan.

Beberapa orang tua pun mencari aktivitas yang aman untuk dilakukan anak-anak. Salah satunya adalah aktivitas olahraga renang.

Hal itu dibenarkan Badan Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO) yang menjelaskan bahwa klorinasi air sebesar 15mg per liter sudah cukup untuk membunuh segala jenis virus.

Pool Water Treatment and Advisory Group (PWTAG) pun memberi penjelasan terkait hal ini dalam buku pedomannya.

“Berenang dalam masa persebaran virus seperti ini umumnya aman untuk dilakukan. Campuran air dan klorin yang terkandung di dalam air kolam renang dapat membunuh virus tersebut,” seperti dilansir The Sun, Minggu (22/3/2020)

Akan tetapi, meski berenang saat pandemi corona dinyatakan aman, setiap orang harus tetap memperhatikan kebersihan diri sendiri, sebelum dan setelah berenang.

Paling terpenting yaitu seringlah membersihkan tangan dengan cairan desinfektan, terutama setiap selesai menyentuh fasilitas publik, seperti pegangan pintu dan loker.

Pastikan pula kebersihan dari alat-alat renang yang akan digunakan, mulai dari pakaian renang, handuk dan kacamata renang.